Main Article Content

Nadia Mutiara
Budi Santoso
Irfanuddin

Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa yang mengalami perubahan fisiologis, psikologis dan
kognitif. Kemampuan kognitif remaja pada tahap perkembangan intelektual sangat mempengaruhi kemampuan mengamati ilmu
pengetahuan. Pengetahuan adalah faktor terpenting dalam pembentukan perilaku dan tindakan. Remaja yang telah mengalami
menstruasi akan berperilaku sehat seperti memelihara kesehatan dan kebersihan selama menstruasi. Menstruasi adalah kejadian
alamiah yang terjadi pada wanita normal. Selama menstruasi, hal yang penting dilakukan adalah Personal hygiene seperti
pembersihan area genitalia, penggunaan pembalut yang tidak terlalu lama, dan kebiasaan mencuci tangan setelah mengganti
pembalut untuk mencegah infeksi yang ditimbulkan selama menstruasi.Penelitian ini merupakan suatu penelitian analitik dengan
rancangan pre- dan post-intervention dengan control. Data penelitian ini didapat dengan cara dilakukan penyuluhan dan
menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon, Uji Paired t-Test, Uji Mann whithney dan Uji
Independent t-Test.Hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan tentang menstruasi pada kelompok yang diberi penyuluhan
termasuk baik yaitu sebanyak 75% yang mendapatkan nilai ≥70 mengenai pengetahuan tentang menstruasi dan 85% yang
mendapatkan nilai ≥70 mengenai praktik personal hygiene. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan
antara skor pengetahuan tentang menstruasi sebelum dan setelah penyuluhan personal hygiene (p=0,000), serta terdapat perbedaan
yang signifikan antara skor praktik personal hygiene sebelum dan setelah penyuluhan personal hygiene (p=0,001).Terdapat pengaruh
penyuluhan personal hygiene terhadap tingkat pengetahuan tentang menstruasi dan praktik personal hygiene pada siswi kelas IX
yang diberi penyuluhan di SMP Negeri 24 Palembang.

Keywords: Remaja Penyuluhan Pengetahuan tentang Menstruasi Praktik Personal Hygiene