Main Article Content

Dewi Sayati

Masalah kesehatan di Indonesia saat ini adalah status kesehatan masyarakat yang masih rendah, antara lain ditandai dengan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang masih tinggi. Salah satunya dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan tenaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya analisis kualitas pelayanan kesehatan di Bidan Praktek Mandiri Andina Primitasari Palembang Tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang ke Bidan Praktek Mandiri Andina Primitasari Palembang untuk memperoleh pelayanan kesehatan, yang berjumlah 44 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan Consecutive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan data primer (kuesioner dan observasi) dan data sekunder. Analisis data dengan menggunakan uji statistik chi-square dengan nilai α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik (pvalue=0,013), kehandalan (pvalue=0,031), daya tanggap (pvalue=0,027), jaminan (pvalue=0,031), dan empati (pvalue=0,062). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan dengan pelayanan kesehatan dan tidak ada hubungan antara empati dengan pelayanan kesehatan. Diharapkan penyedia pelayanan kesehatan meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana, agar pasien lebih merasa nyaman dalam menunggu, seperti sarana area parkir dan ruang tunggu yang lebih luas lagi.

Keywords: kualitas pelayanan kesehatan